Cemilan Si Kecil? Kenapa Butuh Tambahan Cemilan?

Cemilan Si Kecil? Kenapa Butuh Tambahan Cemilan? image

Sejak bayi berusia 6 Bulan, Anda dapat mulai meberikan makanan pedamping ASI untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Harus diingat ya, mulai dari usia 6 Bulan, jika diberikan sebelum itu, makanan bayi dapat merusak sistem pencernaan bayi karena ukuran ususnya yang masih sangat kecil.

Jenis nutrisi yang dibutuhkan bayi sangatlah banyak, dan berdampak pada jumlah porsi makanan yang berlebih. Ukuran perut bayi yang masih kecil mencegah kita untuk memberikan semua ragam makanan tersebut pada si kecil.

Kenapa bayi Anda butuh tambahan cemilan?
Cemilan bisa membantu memenuhi sisa-sisa jumlah gizi mikro yang tidak terpenuhi saat memberikan makanan utama bayi. Cemilan juga membantu orang tua dalam menjaga berat badan si kecil agar tidak terkena obesitas akibat pemberian makanan bayi yang berlebih.

Cemilan sehat disarankan untuk diberikan di antara jam makan si kecil. (Antara sarapan dan makan siang, juga antara makan siang dan malam). Atur waktu agar pemberian cemilan tidak berdekatan dengan jam makan utama, serta pastikan porsi cemilan juga tidak berlebih agar tidak mengganggu nafsu/selera makan si kecil pada jam makan utama.

Jenis Cemilan Yang Sehat?
Cemilan yang sehat adalah yang kaya akan nutrisi, rendah lemak, gula, dan garam, juga bertekstur lembut. Tekstur yang lembut dan mudah lumer saat terkena air liur mencegah bayi agar tidak tersedak. Walaupun begitu, seiring bertambahnya usia dan pertumbuhan gigi, Anda bisa memberikan cemilan yang lebih bertekstur untuk melatih daya kunyah.

Cemilan untuk si kecil dapat dibuat sendiri atau dibeli. Biasanya cemilan khusus bayi yang dijual dipasaran dapat dilumerkan dengan air menjadi berbentuk bubur.

Bila Anda memilih untuk membeli, selalu pastikan kesesuaian usia cemilan tersebut, dan pastikan juga cemilan yang Anda pilih tidak mengandung bahan pengawet.


Pictures source: www.momresource.ca